Senin, 05 Maret 2018

Animasi


A.Pengertian Animasi


Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar tersebut dapat berupa gambar makhluk hidup, benda mati, ataupun tulisan.

Animasi berasal dari bahasa inggris dan juga bahasa latin yaitu bahasa inggris animation dan bahasa latin anima yang artinya menghidupkan, memberi jiwa dan mengerakan benda mati. Animasi merupakan proses membuat objek yang asalnya objek mati, kemudian disusun dalam posisi yang berbeda seolah menjadi hidup. Di dalam animasi ada dua objek penting, yaitu objek atau gambar dan alur gerak.

Animasi secara umum dapat dikatakan sebagai suatu sequence gambar yang ditampilkan pada tenggang waktu (timeline) tertentu sehingga tercipta sebuah ilusi gambar bergerak.

B.Sejarah Animasi

Sejarah animasi dimulai dari jaman purba, dengan ditemukannya lukisan-lukisan pada dinding goa di Spanyol yang menggambarkan ”gerak” dari binatang-binatang. Pada 4000 tahun yang lalu bangsa Mesir juga mencoba menghidupkan suatu peristiwa dengan gambar-gambar yang dibuat berurutan pada dinding.

Sejak menyadari bahwa gambar bisa dipakai sebagai alternatif media komunikasi, timbul keinginan menghidupkan lambang-lambang tersebut menjadi cermin ekspresi kebudayaan. Terbukti dengan diketemukannya berbagai artefak pada peradapan Mesir Kuno 2000 sebelum masehi. Salah satunya adalah beberapa panel yang menggambarkan aksi dua pegulat dalam berbagai pose.

Animasi sendiri tidak akan pernah berkembang tanpa ditemukannya prinsip dasar dari karakter mata manusia yaitu: persistance of vision (pola penglihatan yang teratur). Paul Roget, Joseph Plateau dan Pierre Desvigenes, melalui peralatan optic yang mereka ciptakan, berhasil membuktikan bahwa mata manusia cenderung menangkap urutan gambar-gambar pada tenggangwaktu tertentu sebagai suatu pola.
C. Jenis-Jenis Animasi

1. Jenis Animasi berdasarkan Karakter

Image result for Stop Motion Animation
  • Stop Motion Animation / Claymation:Dikenal juga dengan sebutan claymation, tekhnik pembuatan animasi ini di temukan oleh Blakton sekitar tahun 1906. Menggunakan clay (tanah liat) sebagai objeknya. Teknik animasi clay sering digunakan dalam menghasilkan suatu visual efek untuk film-film pada tahun 1950-1960an. Salah satu contoh film yang menggunakan teknik clay misalnya seperti pada film Chicken Run, dan Shaun the sheep. Tentu yang di gunakan bukanlah tanah liat biasa, tapi umumnya menggunakan palasticin yaitu suatu bahan yang lentur/elastis.
Image result for 2d animation
  • Animasi 2 Dimensi / 2D : Sebuah Animasi yang menggunakan ruang 2D, biasanya gambar 2D menggunakan  teknik manual yaitu menggambar menggunkan tangan atau alat seperti pensil,pulpen,tinta dll, lalu di scan dan  menggunakan alat komputer seperti aplikasi adobe photosop atau paint, biasanya gambar 2d itu berkonsep datar.  Animasi  2D juga disebut kartun atau biasanya gambar yang bertemakan lucu-lucu. Contoh spongebob dan Tom and Jerry

Image result for 3d animation
  • Animasi 3 Dimensi / 3D : Sebuah Animasi yang menggunakan ruang 3D dan juga hasil pengembangan dari gambar 2D, pembuatan Gambar 3D pada Komputer berdasarkan konsep dari dunia nyata, yang suatu barang bergerak memiliki sebuah sudut dan gerakan manusia, untuk teknologi pada zaman sekarang sudah membuat gambar 3D menggunakan Komputer  Pada animasi 3D objek akan terlihat semakin hidup serta seperti nyata. Contoh film dari animasi 3d adalah cars,frozen dan sedangkan versi film dunia nyata adalah iron man,transformer,avenger pada


2. Jenis Animasi Menurut Hofstetter
  • Frame Animation

Frame animation adalah suatu animasi yang dibuat dengan mengubah objek pada setiap frame. Objek-objek tersebut nantinya akan tampak pada lokasi-lokasi yang berbeda pada layar.
  • Vector Animation
Image result for vector animation

Vector animation adalah suatu animasi yang dibuat dengan mengubah bentuk suatu objek.
  • Computational Animation
Image result for computational animation

Computational animation adalah uatu animasi yang dibuat dengan memindahkan objek berdasarkan koordinat x dan y. Koordinat x untuk posisi horizontal dan posisi y untuk posisi vertical.
  • Morphing
Image result for Morphing
Morphing adalah peralihan satu bentuk objek ke bentuk objek lainnya dengan memanipulasi lebih dari satu frame sehingga nantinya akan dihasilkan keseluruhan gerakan yang sangat lembut untuk perubahan bentuk satu ke bentuk lainnya.

3. Jenis Animasi Berdasarkan Teknik Pembuatannya
  • Animasi Cell
Kata cell berasal dari kata “celluloid” yang merupakan materi untuk membuat film gambar bergerak pada tahun awal animasi. Animasi cel biasanya merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal. Masing-masing sel merupakan bagian yang terpisah, misalnya antara obyek dengan latar belakang, sehingga bisa saling bergerak mandiri.
  • Animasi Frame
Animasi frame adalah bentuk animasi paling sederhana. Contohnya saat kita membuat gambar yang berbeda gerakannya pada tepian buku lalu kita buka buku tersebut dengan jempol secara cepat maka gambar akan kelihatan bergerak.
  • Animasi Sprite
Pada animasi sprite, gambar digerakkan dengan latar belakang yang diam. Sprite merupakan bagian animasi yang bergerak secara mandiri, misalnya seperti burung terbang, planet yang berotasi, bola yang memantul, logo yang berputar dan lain sebagainya.
  • Animasi Path
Animasi path adalah animasi dari obyek yang bergerak sepanjang garis kurva yang ditentukan sebagai lintasan. Contohnya dalam pembuatan animasi kereta api, pesawat terbang, burung dan lainnya yang memerlukan lintasan gerak tertentu. Pada kebanyakan animasi path dilakukan juga efek looping yang membuat gerakan path terjadi secara terus menerus.
  • Animasi Spline
Spline merupakan representasi matematis dari kurva, sehingga gerakan obyek tidak hanya mengikuti garis lurus namun juaga berbentuk kurva.
  • Animasi Vektor
Vektor merupakan garis yang memiliki ujung, pangkal, arahdan panjang. Animasi vektor ini hampir sama dengan animasi sprite, namun animasi sprite menggunakan bitmap sedangkan animasi vektor menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan sprite-nya.
  • Animasi Karakter
Animasi karakter biasanya ada di film kartun. Semua bagian dalam film kartun selalu bergerak bersamaan. Apapun jenis animasinya, yang penting adalah memberikan efek hidup (visual efek) pada gambar atau obyek.

D. Prinsip-Prinsip Animasi

Prinsip-prinsip animasi ada 12 teknis dalam pembuatan animasi memang harus dimiliki oleh seorang animator, tetapi animator juga harus memiliki feeling yang kuat mengenai timing, pergerakan, pengamatan dan tingkah laku. Animator harus menjadi seorang aktor, punya perasaan, dan logika agar dapat membuat sesuatu menjadi hidup dan alami. Prinsip- prinsip tersebut antara lain (George Maestri, 2006):
  • Timing
Timing yaitu dapat diartikan sebagai acting serta timing pergerakan satu karakter dalam satu scene. Sehingga gerakan animasi dapat terlihat sangat kaku atau bahkan sangat lamban.
  • Arc
Arc yaitu gerakan yang membentuk garis lengkung yang alami dalam dunia.Tiap benda mempunyai gaya atau kekuatan, kecuali benda yang sifatnya mekanis atau tidak alami.
  • Squash and Stretch
Squash and Stretch yaitu dapat diimplementasikan dalam beberapa proses perubahan bentuk pada kulit dan otot, lompatan, morphing, pengaruh berat,simulasi objek-objek dynamic.
  • Anticipation
Anticipation yaitu gerakan animasi selalu memiliki tahap persiapan ketika melakukan sebuah aksi atau gerakan. Gerakan yang menujukkan gerakan awal atau persiapan yang dilakukan.
  • Esay In and Esay Out
Esay In and Esay Out yaitu prinsip yang berhubungan dengan akselerasiketika objek mengalami percepatan dan perlambatan ketika mengalami pergerakan.
  • Secondary Action
Secondary Action yaitu membuat animasi terlihat lebih alami dan menarik. Merupakan gerakan pendukung dari gerakan utama yang mengalami pergerakan.
  • Follow Through and Overlapping
Follow Through and Overlapping yaitu reaksi yang terjadi atau gerakan overlap sebuah karakter animasi setelah melakukan animasi utama atau
gerakan utama.
  • Staging
Staging yaitu membuat sebuah gerakan sehingga mudah dimengerti. Menggambarkan mood, aksi dan posisi suatu karakter animasi.
  • Straight Ahead Action and Pose to Pose Action
Straight Ahead Action and Pose to Pose Action yaitu standar teknik animasi dengan merencanakan struktur gerakan-gerakan yang terjadi melalui posepose kunci (key pose). Straight ahead action adalah teknik animasi dengan menggerakan karakter untuk per framenya hingga selesai.
  • Personality/Appeal
Personality/Appeal yaitu karakter yang memiliki personality atau kepribadian akan mampu menghubungkan emosi antar karakter tersebut dengan penonton. Kompleksitas dan konsistensi gerakan adalah dua elemen daya tarik karakter yang dapat dengan mudah dikembangkan di dalam komputer animasi 3D hingga mampu mendefinisikan karakteristik utama dari kepribadian sebuah karakter.
  • Exaggeration
Exaggeration yaitu gerakaan pengembangan dari gerankan normal. Namun, gerakan itu sebaikanya tetap berpadunan pada gerakan natural yang dilebih-lebihkan. Gerakan dibuat akan menimbulkan kesan yang mendukung cerita animasi.
  • Soild Drawing
Soild Drawing yaitu rasa tentang cara padang tiga dimensi terhadap penokohan seorang karakter goresan garis, shading serta warna.

E. Contoh Aplikasi Pembuat Animasi
·       
  • Aplikasi untuk membuat Gambar 2D
Macromedia Flash, Adobe Flash, Macromedia Director, ToonBoom Studio, Adobe ImageReady, Corel RaVe, Swish Max, Adobe After Effect, Adobe Photosop,Paint,Corel Draw,Gimp
·   
  • Aplikasi untuk membuat Gambar 3D
3D Studio Max, Maya, Poser (figure animation), Bryce (landscape animation), Vue (landscape animation), Cinema 4D, Blender (gratis), Daz3D (gratis),Autodesk, Autocad.

F. Kesimpulan

Animasi adalah sebuah gambar-gambar objek yang tidak bergerak lalu di susun hingga gambar menjadi bergerak seperti nyata, animasi pada jaman sekrang semakin canggih sehingga bentuk nya sudah seperti nyata contoh nya film ironman atau avenger sebagian gambar nya adalah 3d namun di buat sedetail mungkin hingga gambar nya persis dengan aslinya, mungkin di jepang animasi itu udah sangat banyak hingga terkenal di seluruh dunia, animasi di jepang itu menggunakan temanya di kehidupan sehari-hari dan juga mengunakan imajinasi diri sendiri hingga terkesan bagus.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Layanan Masyarakyat 'Pola Hidup Sehat'

      A. Langkah Membuat Video Animasi Dalam Blog ini, saya akan menjelaskan tentang langkah-langkah membuat video animasi 2d dan menje...