A.Pengertian Animasi
Animasi adalah gambar begerak
berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan
mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan
hitungan waktu yang terjadi. Gambar tersebut dapat berupa gambar makhluk hidup,
benda mati, ataupun tulisan.
Animasi berasal dari bahasa
inggris dan juga bahasa latin yaitu bahasa inggris animation dan bahasa latin
anima yang artinya menghidupkan, memberi jiwa dan mengerakan benda mati.
Animasi merupakan proses membuat objek yang asalnya objek mati, kemudian
disusun dalam posisi yang berbeda seolah menjadi hidup. Di dalam animasi ada
dua objek penting, yaitu objek atau gambar dan alur gerak.
Animasi secara umum dapat
dikatakan sebagai suatu sequence gambar yang ditampilkan pada tenggang waktu
(timeline) tertentu sehingga tercipta sebuah ilusi gambar bergerak.
B.Sejarah Animasi
Sejarah animasi dimulai dari
jaman purba, dengan ditemukannya lukisan-lukisan pada dinding goa di Spanyol
yang menggambarkan ”gerak” dari binatang-binatang. Pada 4000 tahun yang lalu
bangsa Mesir juga mencoba menghidupkan suatu peristiwa dengan gambar-gambar
yang dibuat berurutan pada dinding.
Sejak menyadari bahwa gambar bisa
dipakai sebagai alternatif media komunikasi, timbul keinginan menghidupkan
lambang-lambang tersebut menjadi cermin ekspresi kebudayaan. Terbukti dengan
diketemukannya berbagai artefak pada peradapan Mesir Kuno 2000 sebelum masehi.
Salah satunya adalah beberapa panel yang menggambarkan aksi dua pegulat dalam
berbagai pose.
Animasi
sendiri tidak akan pernah berkembang tanpa ditemukannya prinsip dasar dari
karakter mata manusia yaitu: persistance of vision (pola penglihatan yang
teratur). Paul Roget, Joseph Plateau dan Pierre Desvigenes, melalui peralatan
optic yang mereka ciptakan, berhasil membuktikan bahwa mata manusia cenderung
menangkap urutan gambar-gambar pada tenggangwaktu tertentu sebagai suatu pola.
C. Jenis-Jenis Animasi
1. Jenis Animasi berdasarkan Karakter
1. Jenis Animasi berdasarkan Karakter
- Stop Motion Animation / Claymation:Dikenal juga dengan sebutan claymation, tekhnik pembuatan animasi ini di temukan oleh Blakton sekitar tahun 1906. Menggunakan clay (tanah liat) sebagai objeknya. Teknik animasi clay sering digunakan dalam menghasilkan suatu visual efek untuk film-film pada tahun 1950-1960an. Salah satu contoh film yang menggunakan teknik clay misalnya seperti pada film Chicken Run, dan Shaun the sheep. Tentu yang di gunakan bukanlah tanah liat biasa, tapi umumnya menggunakan palasticin yaitu suatu bahan yang lentur/elastis.
- Animasi 2 Dimensi / 2D : Sebuah Animasi yang menggunakan ruang 2D, biasanya gambar 2D menggunakan teknik manual yaitu menggambar menggunkan tangan atau alat seperti pensil,pulpen,tinta dll, lalu di scan dan menggunakan alat komputer seperti aplikasi adobe photosop atau paint, biasanya gambar 2d itu berkonsep datar. Animasi 2D juga disebut kartun atau biasanya gambar yang bertemakan lucu-lucu. Contoh spongebob dan Tom and Jerry
- Animasi 3 Dimensi / 3D : Sebuah Animasi yang menggunakan ruang 3D dan juga hasil pengembangan dari gambar 2D, pembuatan Gambar 3D pada Komputer berdasarkan konsep dari dunia nyata, yang suatu barang bergerak memiliki sebuah sudut dan gerakan manusia, untuk teknologi pada zaman sekarang sudah membuat gambar 3D menggunakan Komputer Pada animasi 3D objek akan terlihat semakin hidup serta seperti nyata. Contoh film dari animasi 3d adalah cars,frozen dan sedangkan versi film dunia nyata adalah iron man,transformer,avenger pada
2. Jenis Animasi Menurut Hofstetter
- Frame Animation
- Vector Animation
Vector animation adalah suatu animasi yang dibuat dengan mengubah bentuk suatu objek.
- Computational Animation
Computational animation adalah uatu animasi yang dibuat dengan memindahkan objek berdasarkan koordinat x dan y. Koordinat x untuk posisi horizontal dan posisi y untuk posisi vertical.
- Morphing
3. Jenis Animasi Berdasarkan Teknik Pembuatannya
- Animasi Cell
Kata cell berasal dari kata “celluloid”
yang merupakan materi untuk membuat film gambar bergerak pada tahun awal
animasi. Animasi cel biasanya merupakan lembaran-lembaran yang membentuk
animasi tunggal. Masing-masing sel merupakan bagian yang terpisah, misalnya
antara obyek dengan latar belakang, sehingga bisa saling bergerak mandiri.
- Animasi Frame
Animasi frame adalah bentuk animasi paling
sederhana. Contohnya saat kita membuat gambar yang berbeda gerakannya pada
tepian buku lalu kita buka buku tersebut dengan jempol secara cepat maka gambar
akan kelihatan bergerak.
- Animasi Sprite
Pada animasi sprite, gambar digerakkan
dengan latar belakang yang diam. Sprite merupakan bagian animasi yang bergerak
secara mandiri, misalnya seperti burung terbang, planet yang berotasi, bola
yang memantul, logo yang berputar dan lain sebagainya.
- Animasi Path
Animasi path adalah animasi dari obyek yang
bergerak sepanjang garis kurva yang ditentukan sebagai lintasan. Contohnya
dalam pembuatan animasi kereta api, pesawat terbang, burung dan lainnya yang
memerlukan lintasan gerak tertentu. Pada kebanyakan animasi path dilakukan juga
efek looping yang membuat gerakan path terjadi secara terus menerus.
- Animasi Spline
Spline merupakan representasi matematis
dari kurva, sehingga gerakan obyek tidak hanya mengikuti garis lurus namun
juaga berbentuk kurva.
- Animasi Vektor
Vektor merupakan garis yang memiliki ujung,
pangkal, arahdan panjang. Animasi vektor ini hampir sama dengan animasi sprite,
namun animasi sprite menggunakan bitmap sedangkan animasi vektor menggunakan
rumus matematika untuk menggambarkan sprite-nya.
- Animasi Karakter
Animasi karakter biasanya ada di film kartun.
Semua bagian dalam film kartun selalu bergerak bersamaan. Apapun jenis
animasinya, yang penting adalah memberikan efek hidup (visual efek) pada gambar
atau obyek.
D. Prinsip-Prinsip Animasi
Prinsip-prinsip animasi ada 12 teknis dalam pembuatan
animasi memang harus dimiliki oleh seorang animator, tetapi animator juga harus
memiliki feeling yang kuat mengenai timing, pergerakan, pengamatan dan tingkah
laku. Animator harus menjadi seorang aktor, punya perasaan, dan logika agar
dapat membuat sesuatu menjadi hidup dan alami. Prinsip- prinsip tersebut antara
lain (George Maestri, 2006):
- Timing
Timing yaitu dapat diartikan sebagai acting
serta timing pergerakan satu karakter dalam satu scene. Sehingga gerakan
animasi dapat terlihat sangat kaku atau bahkan sangat lamban.
- Arc
Arc yaitu gerakan yang membentuk garis
lengkung yang alami dalam dunia.Tiap benda mempunyai gaya atau kekuatan,
kecuali benda yang sifatnya mekanis atau tidak alami.
- Squash and Stretch
Squash and Stretch yaitu dapat
diimplementasikan dalam beberapa proses perubahan bentuk pada kulit dan otot,
lompatan, morphing, pengaruh berat,simulasi objek-objek dynamic.
- Anticipation
Anticipation yaitu gerakan animasi selalu
memiliki tahap persiapan ketika melakukan sebuah aksi atau gerakan. Gerakan
yang menujukkan gerakan awal atau persiapan yang dilakukan.
- Esay In and Esay Out
Esay In and Esay Out yaitu prinsip yang
berhubungan dengan akselerasiketika objek mengalami percepatan dan perlambatan
ketika mengalami pergerakan.
- Secondary Action
Secondary Action yaitu membuat animasi
terlihat lebih alami dan menarik. Merupakan gerakan pendukung dari gerakan
utama yang mengalami pergerakan.
- Follow Through and Overlapping
Follow Through and Overlapping yaitu reaksi
yang terjadi atau gerakan overlap sebuah karakter animasi setelah melakukan
animasi utama atau
gerakan utama.
- Staging
Staging yaitu membuat sebuah gerakan
sehingga mudah dimengerti. Menggambarkan mood, aksi dan posisi suatu karakter
animasi.
- Straight Ahead Action and Pose to Pose Action
Straight Ahead Action and Pose to Pose
Action yaitu standar teknik animasi dengan merencanakan struktur
gerakan-gerakan yang terjadi melalui posepose kunci (key pose). Straight ahead
action adalah teknik animasi dengan menggerakan karakter untuk per framenya
hingga selesai.
- Personality/Appeal
Personality/Appeal yaitu karakter yang
memiliki personality atau kepribadian akan mampu menghubungkan emosi antar
karakter tersebut dengan penonton. Kompleksitas dan konsistensi gerakan adalah
dua elemen daya tarik karakter yang dapat dengan mudah dikembangkan di dalam
komputer animasi 3D hingga mampu mendefinisikan karakteristik utama dari
kepribadian sebuah karakter.
- Exaggeration
Exaggeration yaitu gerakaan pengembangan
dari gerankan normal. Namun, gerakan itu sebaikanya tetap berpadunan pada
gerakan natural yang dilebih-lebihkan. Gerakan dibuat akan menimbulkan kesan
yang mendukung cerita animasi.
- Soild Drawing
Soild Drawing yaitu rasa tentang cara padang
tiga dimensi terhadap penokohan seorang karakter goresan garis, shading serta
warna.
E. Contoh Aplikasi Pembuat Animasi
·
- Aplikasi untuk membuat Gambar 2D
Macromedia Flash, Adobe Flash, Macromedia
Director, ToonBoom Studio, Adobe ImageReady, Corel RaVe, Swish Max, Adobe After
Effect, Adobe Photosop,Paint,Corel Draw,Gimp
·
- Aplikasi untuk membuat Gambar 3D
3D Studio Max, Maya, Poser (figure animation),
Bryce (landscape animation), Vue (landscape animation), Cinema 4D, Blender
(gratis), Daz3D (gratis),Autodesk, Autocad.
F. Kesimpulan
Animasi adalah sebuah gambar-gambar objek yang tidak
bergerak lalu di susun hingga gambar menjadi bergerak seperti nyata, animasi
pada jaman sekrang semakin canggih sehingga bentuk nya sudah seperti nyata
contoh nya film ironman atau avenger sebagian gambar nya adalah 3d namun di
buat sedetail mungkin hingga gambar nya persis dengan aslinya, mungkin di
jepang animasi itu udah sangat banyak hingga terkenal di seluruh dunia, animasi
di jepang itu menggunakan temanya di kehidupan sehari-hari dan juga mengunakan
imajinasi diri sendiri hingga terkesan bagus.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar